Thursday, February 21, 2019

CARA INSTAL ANDROID STUDIO UNTUK WINDOWS

CARA INSTAL ANDROID STUDIO UNTUK WINDOWS


Android Studio: Software Pembuatan Aplikasi Android

Android Studio pertama kali diumumkan di Google I/O Conference pada tahun 2013 dan dirilis ke publik pada tahun 2014 setelah berbagai versi beta. Sebelum ada Android Studio, aplikasi Android biasa dikembangkan dengan menggunakan Eclipse IDE yaitu IDE Java yang lebih general dan mendukung berbagai bahasa programming. Bagi Anda yang ingin membuat aplikasi, Android Studio akan mempermudah proses pengembangan aplikasi.
Salah satu tugas Android sebagai Integrated Development Environment adalah menyediakan interface untuk Anda membuat aplikasi dan mengelola manajemen file yang bisa dibilang kompleks. Bahasa programming yang akan Anda gunakan adalah Java. Di Android Studio, Anda hanya perlu menulis, mengedit, dan menyimpan project beserta berbagai file yang berhubungan dengan project itu.
Tidak hanya itu, Android Studio juga memberi Anda akses ke Android Software Development Kit (SDK). SDK ini bisa dibilang sebagai ekstensi dari kode Java yang memperbolehkannya untuk berjalan dengan mulus di device Android. Jadi, kalau Java dibutuhkan untuk menulis programnya, Android SDK diperlukan untuk menjalankan programnya di Android. Untuk menggabungkan keduanya, Anda memerlukan Android Studio. Selain itu, jika Anda menemukan bug pada aplikasi Anda, Anda juga bisa menggunakan Android Studio untuk memperbaikinya.
Google sendiri terus mencoba mengoptimasi Android Studio untuk memastikan bahwa software ini dapat membantu Anda membangun aplikasi Android Anda. Saat Anda melakukan coding, mereka menawarkan live hints atau petunjuk langsung. Tidak hanya itu, mereka juga akan memberi Anda saran jika menurut mereka ada yang salah atau ada hal yang bisa membuat coding Anda lebih efisien. Saat Anda mulai mengetik sebuah line coding, Android Studio juga akan memberi Anda saran kode-kode yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat proses koding Anda atau jika Anda lupa dengan sebuah kode.

Download dan Install Android Studio

Mendownload Android Studio bisa dibilang cukup mudah. Download Android Studio dari website resmi Android dan Anda tidak hanya mendapat Android Studio tetapi juga Android SDK. Tetapi untuk menjalankan Android Studio Anda juga perlu mendownload Java Development Kit yang bisa Anda download di website resminya. Perlu diperhatikan juga bahwa Android Studio dan SDK berukuran cukup besar jadi pastikan Anda memiliki ruang yang cukup di laptop atau desktop Anda.
Berikut ini adalah syarat instalasi untuk berbagai sistem operasi
Windows os
  • Microsoft® Windows® 7/8/10 (32- or 64-bit)
  • 3 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended; plus 1 GB for the Android Emulator
  • 2 GB of available disk space minimum,
    4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 1280 x 800 minimum screen resolution

Mac os
  • Mac® OS X® 10.10 (Yosemite) or higher, up to 10.13 (macOS High Sierra)
  • 3 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended; plus 1 GB for the Android Emulator
  • 2 GB of available disk space minimum,
    4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 1280 x 800 minimum screen resolution

Linux os
  • GNOME or KDE desktop
    Tested on Ubuntu® 14.04 LTS, Trusty Tahr (64-bit distribution capable of running 32-bit applications)
  • 64-bit distribution capable of running 32-bit applications
  • GNU C Library (glibc) 2.19 or later
  • 3 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended; plus 1 GB for the Android Emulator
  • 2 GB of available disk space minimum,
    4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 1280 x 800 minimum screen resolution

Bagaimana Cara Instal Android Studio?

Untuk dapat memasang IDE Android Studio tentunya terlebih dahulu harus memiliki Aplikasi Android Studio itu sendiri, berikut ini Link Download Aplikasi Android Studio Versi 3.3.1.


Setelah kalian selesai mengunduh IDE Android Studio, selanjutnya kita mulai memasang atau instalasi IDE tersebut, berikut ini langkah-langkahnya.

Setelah download android studio pada link diatas,silahkan klik instalan android dengan nama file(studio android-studio-bundle- <version> .exe)  dan tunggu hingga verifikasi selesai. maka keluar seperti gambar berikut:




Setelah jendela Android Studio Setup terbuka, selanjutnya klik Next.



Setelah itu akan muncul jendela baru dengan opsi komponen yang akan diinstal. Jika kalian memiliki komponen yang ada pada opsi yang tertera maka tidak perlu di checklist. Tapi jika baru pertama memasang IDE Android Studio kami sarankan lebih baik diceklis semua, setelah itu klik Next.

Setelah itu akan muncul jendela baru pemilihan untuk lokasi penyimpanan file dari software, saran kami tidak perlu merubah apapun dan langsung klik secara Default dan akan tersimpan di Direktori C:\Program Files\Android\Android Studio.

Selanjutnya klik saja Install.

Setelah kalian klik Install maka proses instalasi dimulai, tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses instalasi selesai (Completed) selanjutnya klik Next.

Maka akan muncul Jendela dengan keterangan Completing Android Studio Setup. Biarkan pilihan Start Android Studio tetap dalam kondisi default atau terceklis dan klik Finish.

eiitss belum selesai instalasi ketika klik finish akan keluar aplikasi android studio Setelah itu akan muncul jendela baru dengan 2 opsi pilihan. Checklist opsi kedua jika kalian belum pernah menginstal IDE Android Studio dan klik OK.

Maka selanjutnya kalian akan disambut oleh Android Studio dengan munculnya jendela WELCOME dan klik Next.


tampilan diatas akan membawa kita ke instalasi selanjutnya dan di saran kan terkoneksi internet supaya tidak gagal pada saat instalasi dan tidak ada bug pada aplikasi android studio saat di jalankan.lalu klik next

gambar diatas adalah jenis instalasi,jika kita milih standar maka akan terinstal secara default mengikuti android studi,jika custom maka akan terinstal sesuai keinginan kita lalu klik next


tampilan diatas menunjukan file yang harus di download,siapkan koneksi yg stabil dan kuota yg banyak karena akan mendownload kurang lebih 1.1 GB lalu klik finish.
Maka akan tampil jendela Downloading Component, tunggu hingga proses download Selesai.


Setelah proses download selesai maka proses instalasi Android Studio telah selesai. Klik Finish.

Setelah itu maka kita akan disambut dengan jendela baru Welcome to Android Studio.
gimana mudah bukan? oiya ini juga ada program aplikasi sederhana input dan output di android studio beserta videonya. untuk cara pembuatan segera menyusul ya jangan lupa pantengin terus Blog mimin ini ya










semoga ilmu ini bermanfaat,jangan lupa share ini sama tema” kita yang sedang membutuhkan tutorial ya “Belajar sambil Berbagi itu Luar Biasa”

No comments:

Post a Comment

Membuat aplikasi android - Mebuat Fade animation

Membuat aplikasi android - Mebuat Fade animation